lennon

lennon

Senin, 18 Juni 2012

INVESTASI MAHASISWA

Oleh: Andy Wiyanto


Investasi secara etimologi berarti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan dengan tujuan memperoleh keuntungan (kamus besar bahasa Indonesia). Istilah ini secara terminologi mengalami perluasan makna sehingga tidak hanya diartikan sebagai penanaman uang atau modal saja. Investasi juga tidak hanya dalam ranah perusahaan atau dunia usaha, tetapi dapat diartikan lebih luas hingga dalam ranah pembangunan. Sementara itu sumber daya manusia merupakan sumber daya yang cukup menentukan disamping sumber daya alam sebgai modal utama dalam pembangunan.
Investasi sumber daya manusia merupakan sebuah keniscayaan dalam pembagunan. Hal penting dalam sebuah pembangunan adalah turut membangun “manusia” disamping membangun fisik. Atas spirit itulah Bung Karno pada masanya acapkali menanamkan nation and character building bagi segenap rakyat Indonesia.
Berbeda dengan sumber daya alam yang sifatnya terbatas dan suatu saat akan habis. Sumber daya manusia sebagai investasi dalam pembangunan Indonesia menjadi urgent karena sifatnya yang tidak terbatas. Selain itu sumber daya manusia nantinya juga akan digunakan dalam mengelola sumber daya alam yang masih tersedia. Keberhasilan dalam investasi sumber daya manusia berarti keberhasilan dalam pengelolaan sumber daya alam yang mana turut menentukan dalam pembangunan Indonesia. Untuk itulah pengembangan sumber daya manusia sebagai sebuah investasi semestinya menjadi skala prioritas dalam arah kebijakan pemerintah.
Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, pendidikan merupakan pilihan yang efektif. Pendidikan ibarat teori manusia gua Plato. Menurut Plato apa yang dipahami orang dalam dunia nyata seperti para tahanan dalam gua, yang hanya melihat bayangan mereka sendiri di tembok gua. Kemudian salah satu dari mereka berhasil meloloskan diri dan melihat dunia yang begitu berwarna, tidak hanya hitam putih bayangan seperti di dalam gua. Dengan pendidikan orang akan diarahkan untuk dapat menemukan kebenaran seperti teori manusia gua Plato tersebut. Hal ini sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia. Dimana orang bukan diajarkan untuk membangun dengan ala kadarnya, tetapi bagaimana menemukan gagasan yang tepat dalam melakukan pengelolaan segala potensi yang ada dengan bijak.
Maka dari itu akses untuk mendapatkan pendidikan bagi rakyat Indonesia haruslah dibuka seluas-luasnya dan semudah-mudahnya. Hal ini sesungguhnya telah diakomodir dalam UUD 1945 pasca amandemen yang memasukkan ketentuan mengenai pendidikan dalam satu bab sendiri. Tinggal kedepannya mampukah baik antara pemerintah dan masyarakat bersinergi untuk memajukan pendidikan Indonesia sebagai investasi sumber daya manusia yang tepat. Disatu sisi pemerintah berkewajiban menjalankan amanat konstitusi, pemerintah harus memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kaum cerdik pandai di negeri ini. disisi lain masyarakat (utamanya pelajar dan mahasiswa) turut mengoptimalkan hal tersebut sengan senantiasa berusaha untuk menjadi kaum cerdik pandai untuk membangun Indonesia.
 Pada akhirnya dalam sebuah pidato pada mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat tahun 1956 Bung Karno menyatakan bahwa besarnya peranan kaum cerdik pandai (mahasiswa) dalam pembangunan Indonesia “ ..... Engkau hey pemuda pemudi yang ada disini, sekarang mengerjakan investment. Kerjakanlah pekerjaanmu itu sebaik-baiknya! Kerjakanlah sebaik-baiknya, oleh karena apa yang kau kejar sekarang ini ialah ilmu dan ilmu itu bukan untukmu sendiri tetapi ialah untuk anak cucumu, untuk bangsa Indonesia, untuk rakyat Indonesia, untuk tanah air Indonesia, untuk negara Republik Indonesia! ..... Semuanya menunggu-nunggu akan kedatanganmu kembali, agar supaya kamu nanti dapat memberi sumbangan kepada pembangunan tanah air dan bangsa ..... ” Tanpa ada upaya untuk mengisi relung-relung pegetahuan bagi rakyat Indonesia, maka pembangunan Indonesia akan berjalan ala kadarnya. Bahkan bisa jadi hanya akan terombang-ambing oleh derasnya laju persaingan global.

***

2 komentar:

  1. Nice, Salam kenal, selalu menyenangkan melihat emas yang berkilauan, kunjungi balik ke blogku ya ! http://emasmurnimilikkita.blogspot.com/

    BalasHapus