lennon

lennon

Selasa, 22 Mei 2012

ICW: Tak Ada Jaminan RUU PT Bikin Pendidikan Murah


Ilustrasi.

Ilustrasi. (sumber: Antara)
Saat ini saja mahasiswa mau masuk universitas ditanya berapa pendapatan orang tua


Indonesia  Corruption Watch (ICW) belum percaya niat yang disampaikan oleh  pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) Perguruan Tinggi (PT) akan membuat biaya pendidikan menjadi murah.


Kata "otonomi" yang terdapat dalam RUU tersebut, dan kekuasaan yang diberikan kepada PT untuk mengelolah keuangannya sendiri tak pelak membuat ICW mempertanyakan bagaimana biaya pendidikan tinggi ke depan.


"Saat ini saja mahasiswa mau masuk universitas ditanya berapa pendapatan orang tua. Itu buat apa, tidak boleh bertanya seperti itu." tutur Febri  Hendri, peneliti bidang pendidikan dari ICW.


"Dulu kami menolak UU Badan  Hukum Pendidikan (BHP), dan kami gugat di Mahkamah Konstitusi. Kalau ini juga terbukti nanti prakteknya sama saja, akan kami gugat juga," lanjutnya


UU no. 9/2009 BHP dibatalkan MK pada 2010 setelah terjadi banyak protes dari mahasiswa dan bahkan pengajar sendiri. Protes terutama atas biaya  pendidikan yang kian mahal.


Menurut Febri, ICW sedang menyiapkan review soal perkembangan RUU PT bersama Koalisi Pendidikan dan beberapa dosen dari Universitas Indonesia (UI) yang juga menolak RUU tersebut. Selain itu, Febri mengatakan pihaknya juga ingin bertemu dengan DPR untuk memastikan kemajuan draf RUU PT.


"Kami masih melihat RUU PT ini sama saja dengan UU BHP. Kami belum percaya kepada pemerintah. Nanti kita lihat prakteknya bagaimana," sambung Febri.

Sumber: http://www.beritasatu.com/hukum/48894-icw-tak-ada-jaminan-ruu-pt-bikin-pendidikan-murah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar