lennon

lennon

Selasa, 10 April 2012

MAHKAMAH KONSTITUSI BERIKAN TELADAN


Seakan melawan arus yang ada, MK membuktikan dirinya sebagai lembaga negara yang modern di Indonesia. Kemudahan akses yang luar biasa dapat dinikmati rakyat Indonesia mulai dari langganan majalah dan jurnal konstitusi yang bebas biaya, hingga kemudahan memperoleh putusan bagi para pihak yang berperkara. Untuk para peminat hukum tata negara, MK juga menyediakan perpustakaan yang apik dengan segudang koleksi literatur yang tersedia.

Bagi masyarakat umum, kesan angker dan angkuh untuk aparat penegak hukum langsung ambruk ketika kita memasuki gedung MK. Para pegawai mulai dari petugas keamanan hingga petugas perpustakaan jauh dari kesan para birokrat yang bertele-tele. Dengan kedisiplinan dan keramahan pelayanan yang jarang dijumpai pada petugas lembaga negara lain, mereka membuat nyaman rakyat yang sedang berkunjung hingga merasa berada di rumah sendiri.

Tidak ketinggalan para hakim juga memberikan kontribusinya yang tidak hanya dalam bentuk putusan yang progresif, namun juga bagi dunia akademis berupa buku-buku yang ditulisnya. Prof. Mahfud misalnya, dengan gaya bahasa yang enak dibaca kita seperti sedang membaca koran ketika membaca karya-karyanya. Sepertinya sudah menjadi hukum tak tertulis bahwa hakim MK selain harus menjadi seorang negarawan juga dituntut untuk menjadi akademisi yang handal.

Dalam membumikan konstitusi MK juga tak sungkan untuk mengadakan kerjasama dengan kampus-kampus dalam hal penerbitan jurnal sampai kuliah umum jarak jauh. Pelatihan dan perlombaan juga kerap menjadi media yang dijadikan MK dalam mencapai misinya tersebut. Kerjasama juga tak jarang dilakukan MK dengan bermagai macam ormas, misalnya Muhammadiyah dan NU. Bahkan MK juga memiliki MK TV dan MK Radio sendiri. Ini menjadi prestasi tersendiri bagi MK.

Keelokan yang terpancar dalam setiap langkahnya, membuat MK patut untuk menjadi teladan bagi para penyelenggara negara lainnya. Selain itu jangan sampai jalan yang elok itu terpelanting jatuh karena serangan balik para koruptor yang acapkali ciut melihat tegaknya pilar-pilar keadilan di MK. MK milik kita, mari kita awasi dan jaga bersama. Harapan pada lembaga ini begitu besar, semoga selalu transparan, bersih dan terdepan. Sukses selalu MK!
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar